Pemasaran Merek--Brand Marketing

Apa sih arti dari Pemasaran Merek? Pemasaran Merek atau Brand Marketing adalah suatu proses yang dilakukan untuk membuat merek atau produk kita menjadi kuat & familiar di masyarakat. Seperti contoh jika anda mendengar kata brrrrrrrr apa yg ada di pikiran Anda? ya betul Coca Cola, Coca Cola membranding produknya dng dua hal yang pertama dari slogan dan yang kedua dari bentuk botolnya. Jika Anda saya perlihatkan botol Coca Cola walaupun mereknya saya tutup pasti Anda Tahu botol apa itu. Ngomong ngomong saya jadi promosi Coca Cola nih padahal saya bukan orang Coca Cola & saya tidak di bayar 1 sen pun untuk menulis artikel ini dari Coca Cola :)  Ya itu hanya salah satu contoh saja banyak perusahaan yg mempunyai produk dng branding yg sangat kuat bahkan dng mencium aromanya pun kita sudah tahu produk apa itu.
Pemasaran Merek atau Brand Marketing juga merupakan  sebuah proses mendisain, membentuk dan membangun pengaruh visual yang menonjol atau icon perusahaan dalam bidang pemasaran. Membangun citra atau membranding suatu produk tidaklah mudah, butuh waktu & biaya.

Dalam hal Pemasaran Merek promosi berperan sangat penting, yang tentunya sudah kita  klasifikasikan merek kita agar menjadi merek yang unik juga untuk meningkatkan keunikan identitas perusahaan. Sebuah strategi pemasaran merek yang efektif akan mempertegas perbedaan perusahaan satu dengan yang lainnya. Proses awal adalah proses yang paling menantang dan membutuhkan ide ide yang bagus serta berbeda dng kompetitor lain..

Strategi memperkuat merek dibuat ketika semua tatanan dari bagian-bagian pesan pemasaran telah membentuk sebuah struktur, mengesankan dan melebihi semua profil. pembuatan nilai tambah sebuah merek yg terdiri atas banyak bagian termasuk diantaranya iklan, pemasaran dan riset.

Pembuatan sebuah merek atau produk tidak hanya mencakup logo merek atau produk, brosur yang bagus, tetapi juga memberi nilai produk sampai ke customer dan media. Itu adalah platform yang biasa publik ketahui dalam segmen pemasaran.

Beberapa Marketing Tools paling penting dalam Pemasaran Merek adalah  kartu nama, logo dan identifikasi perusahaan yang efektif. Sebuah kartu nama yang efektif akan lebih membuat penyampaian pesan. Kartu nama yg baik & bagus tidak hanya didisain untuk memberi informasi ke konsumen mengenai nama atau nomor telepon, tetapi lebih menyampaikan suatu branding perusahaan atau produk.

Memperkuat suatu perusahaan dan produk biasanya di mulai dari logo. Karena logo melambangkan suatu gambaran atau persepsi tentang perusahaan tersebut. Saya pernah ngobrol dng seorang teman yg kebetulan seorang design grafis, dia menceritakan satu bank besar di indonesia ( kali ini saya tidak akan menyebut nama bank tersebut karena jadi promosi terus padahal saya tidak di bayar :) ) yang konon katanya untuk membuat design logonya saja biayanya 3 milliard wow.. bukan main yach. Dari situ pentingnya sebuah logo sangat terlihat, karena menurut teman saya logo itu di buat tidak sembarangan, bagaimana nih menurut Anda yg di bidang design grafis? kasih commentnya yach.

Semoga  artikel saya bermanfaat. Jika Anda suka dng artikel saya share yach dng teman Anda di facebook, tinggal klik bagikan di bawah. Thanks
Bagikan

Salam sukses

Eric Siswanto
www.marketing-bisnis.com

exclusivemails.net

Submit to Social Websites