Event Marketing



Di artikel kali ini saya akan membahas tentang Event Marketing. Saya melihat Event Marketing untuk bisnis adalah salah satu strategi yang paling efektif untuk mendapatkan prospek yang berkualitas, maksud saya Event Marketing disini adalah cara mempromosikan bisnis Anda melalui suatu acara atau pameran agar bisnis atau produk Anda lebih dikenal.
Tapi saya akan membahas Event Marketing dalam jejaring sosial atau social networking.

Dalam jejaring sosial orang yang berpartisipasi memilih untuk mengikuti Anda karena mereka tertarik pada topik Anda.  Anda bisa berbagi perspektif dan rekomendasi, membuat diri Anda sebagai seorang ahli yang mereka inginkan dan Anda bisa membuat prospek seolah olah mereka tahu Anda dan ingin bantuan Anda.

Pada saat ini untuk berpromosi jauh lebih mudah dan murah berkat adanya teknologi. Namun, jika Anda akan melakukan semua pekerjaan untuk membuat konten yang besar dengan nilai tinggi, Anda pastinya ingin memastikan bahwa orang-orang yang tertarik di dalamnya tahu ini terjadi dan bagaimana caranya untuk mendaftar.

Anda tidak akan mendapatkan jumlah peserta berkualitas yang layak Anda dapatkan jika hanya 5 orang yg datang.  Di sinilah media sosial dapat membantu.

Mungkin Anda berpikir bahwa tidak mungkin social media dapat membantu karena saya tidak mempunyai banyak teman atau belum mempunyai banyak teman di social media, Jadi bagaimana? Ya Anda harus berusaha untuk mencari teman simpel kan? :) 


Saya akan berbagi strategi dengan Anda

  1. Posting setiap peristiwa agenda di situs Web Anda - Ini adalah kesempatan untuk mengatakan sebanyak banyaknya yang Anda inginkan tentang Event Marketing atau agenda acara yg ada, termasuk setiap fakta.  
  2. Buat comment and tweet - Biasanya orang cenderung memilih salah satu jaringan sosial di atas yang lain, tetapi tidak ada target pasar secara keseluruhan biasanya mendukung satu dan yang lain.  Mengingat hal ini, Anda ingin memastikan Anda berbicara atas Event Marketing anda pada setiap orang yang ada dalam jaringan Anda. Buat komentar tentang hal itu dalam status social media Anda dan Anda bisa  mendiskusikannya di Facebook misalnya.  Tweet-kan tentang hal itu. Buatlah komentar Anda berhari-hari dan berminggu-minggu sebelum Event Marketing atau hari H acara Anda, sampai ke menit sebelum dimulai. Saya ambil satu contoh yg lagi hangat sekarang ini film menebus impian, sebelum di tayangkan promosinya sudah sangat gencar dan orang ramai membicarakannya dan itu akan sangat membantu penjualan tiketnya nanti. Saya jadi ikut promosi karena baru saja di undang seorang teman untuk bergabung menjadi penggemar, itulah kekuatan social media.
  3. Buat postingan tentang Event Marketing Anda di mana-mana - Banyak orang tidak menyadari bahwa Anda dapat memposting kegiatan di Facebook & social media lainnya di "Event" area. Begitu Anda memposting agenda acara Anda, orang-orang yang terhubung dengan Anda akan diberitahu, dan orang lain di luar grup Anda melihat mereka ketika mereka menggunakan kata kunci pencarian. Jaringan Anda dapat meneruskan link kepada orang lain dalam grup mereka yang mungkin tertarik juga.
  4. Gunakan link - pada setiap komentar dan postingan Anda, menyertakan link ke website Anda. Buat posting singkat dan cepat. Jika link Anda terlalu panjang Anda bisa menggunakan Internet Marketing Tools atau alat bantu utk membuat singkat link Anda, Anda bisa mengunjungi www.bit.ly atau www.tinyurl.com untuk mempersingkat link panjang.
  5. Daftar di LinkedIn -LinkedIn jg salah satu social media yg bagus untuk promosi Event Marketing & memperluas jaringan Anda.
  6. Pergunakan daya ungkit dari jaringan Anda - Mintalah bantuan teman Anda memberikan komentar dan tweet tentang acara Anda. Beri mereka frasa singkat dan mereka cukup copy dan paste. Anda dapat melihat pada catatan mereka bahwa mereka tertarik untuk menghadiri acara Anda atau tidak. Pesan Anda akan sampai kepada mereka, dan memperpanjang jangkauan Anda meskipun mereka tidak hadir.
Setelah konten Anda disempurnakan, Hasil akhirnya adalah permainan angka. Saya rasa ini akan sangat membantu untuk menarik lebih banyak orang yg akan hadir dalam acara Anda. Paling tidak jaringan sosial Anda bisa mendapatkan pesan Anda serta membantu untuk menambah peserta yg akan hadir di acara Anda.

Jika anda suka dengan artikel atau blog saya bagikan dengan teman anda di facebook.Thanks
Bagikan

Salam sukses

Eric Siswanto
www.marketing-bisnis.com