Small Business Marketing



Artikel saya kali ini membahas masalah Small Business Marketing.  Salah satu sisi dari Small Business Marketing yang cukup penting dan menjadi perhatian adalah sisi marketing – pemasaran, Karena yang saya bahas small business, maka sudah tentu strategi marketing yang saya bicarakan adalah strategi yang memang diperuntukan bagi SmallBizz.


Setalah browsing  mencari artikel ke banyak tempat  dan di kombine dng pengetahuan yg saya punya, akhirnya saya memperoleh berbagai bahan yang bisa menjadi dasar untuk menyusun strategi marketing yang akan saya bahas untuk Anda, Tapi untuk Anda yg punya bisnis besar materi saya ini pasti kurang menarik :) , tapi sebenarnya konsep ini juga berlaku untuk bisnis besar.


Nah disini saya akan coba berbagi,
Inti dari marketing sebenarnya adalah bagaimana memahami kebutuhan konsumen dan apa yang pasar butuhkan dan kita harus membuat rencana atau strategi untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan pasar. 
Bagaimana cara yang paling efektif untuk membuat small business marketing menjadi besar adalah dengan fokus pada peningkatan produksi dan penjualan dengan patokan dr keinginan konsumen dan pasar tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh :
1. Mencari cara bagaimana konsumen mau membeli produk lebih banyak. Kita bisa buat        program misalnya dng sistim beli 2 gratis 1, atau dng sistem discount misalnya beli 5 discount 20% dan masih banyak cara yg lain.
2. Membuat konsumen untuk mau membeli produk yang profitnya untuk kita lebih besar.
3. Mengarahkan konsumen untuk membeli produk yg harganya mahal untuk mendapatkan atau membuat omset kita menjadi besar.
4. Memperluas pasar agar konsumen bertambah banyak otomatis mempengaruhi omset dan profit.
5. Bisa juga dengan penambahan produk yang di butuhkan pasar dng melakukan survei terlebih dahulu. Survei yg di butuhkan adalah masalah kompetitor, harga, sumber produk & kemungkinan penjualan yg bisa kita dapat.

Semuanya akan meningkatkan omset penjualan dan profit bagi kita. Tapi dr ke 5 cara tersebut menurut saya yang terpenting adalah memperluas pasar. Membahas masalah meperluas pasar dalam bisnis on line sangat bagus menggunakan sistim afiliate yg sudah saya bahas pada artikel saya yg sebelumnya tapi saya akan mengulang menjelaskannya sedikit untuk Anda, sistim afiliate atau afiliasi adalah sistim yg mengajak orang bergabung dng kita untuk menawarkan produk kita dng sistim bagi hasil.

Selanjutnya penentuan Target Pasar yang pas untuk Bisnis Kecil :
pilihlah pasar yang memang benar – benar potensial dan mampu kita layani,
Contoh:
Jika kemampuan kita hanya mampu dengan kapasitas pemesanan 10 unit per bulan. Jangan kita memaksakan mengejar pasar dengan kapasitas 300 unit per bulan, kecuali bila Anda benar – benar yakin dan mampu untuk menangani pasar tersebut.
Dampak bila kita memaksakan, pelayanan yang akan kita berikan akan berkurang kualitasnya dan untuk jangka panjang ini tidak akan baik.
Jangan serakah dan berpikirlah jangka panjang, ini inti dari pemanfaatan sebuah strategi.
Perlu dipikirakan juga untuk mengutamakan pasar yang mampu meberikan hasil atau pemesanan yang berkelanjutan.

Hal yang sangat penting berikutnya adalah masalah dana – budget marketing:
Small business sangat berbeda dengan Big Business, budget marketing dari small business kadang sangat kecil atau bahkan tidak ada tapi bukan berarti bahwa tidak bisa sama sekali melakukan marketing lalu bagimana ? Apa yang harus dilakukan
Kunci utamanya terletak bukan pada “seberapa besar dana – budget yang disediakan, tetapi lebih kepada seberapa efektif kita memanfaatkan budget atau peluang yang ada untuk memasarkan atau melakukan kegiatan marketing.
1. kita bisa melakukan proses marketing bersamaan dengan proses penjualan.
2. kita bisa menggunakan peralatan internet marketing misalnya facebook ataupun media on line lainnya.
3. berikan palayanan maksimal kepada setiap Konsumen, konsumen yang puas biasanya akan memberitahu kepada teman atau kerabatnya.
4. minta refrensi dari customer Anda.


Memang untuk bisnis kecil lebih dibutuhkan ketekunan & keuletan untuk membangunnya menjadi besar, serta fokus dan inovatif dalam menjalankannya. Bagaimana menurut Anda?
Jika Anda ada tambahan silahkan tinggalkan komentar Anda.




Jika anda suka dengan artikel atau blog saya share ya ke teman anda di facebook.Thank's
Bagikan


Salam sukses


Eric Siswanto
www.marketing-bisnis.com