Marketing Bisnis


Marketing bisnis moderen adalah istilah umum yang meliputi seluruh bentuk aktivitas yang melibatkan kreasi membagikan atau menawarkan materi atau produk tertentu untuk menarik minat dari calon pelanggan ataupun yang sudah ada. Berbeda dengan metode traditional marketing yang ditujukan untuk meningkatkan penjualan atau peningkatan brand melalui teknik interupsi, marketing bisnis moderen lebih ditujukan pada pemikiran bahwa dengan memberikan informasi yang berkualitas , relevan dan bernilai kepada prospek dan pelanggan, barulah kita bisa mengarahkan konsumen untuk melakukan sesuatu yang bisa mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

Dalam bahasa yang di sederhanakan, kapanpun anda membaca, melihat atau mendengar sesuatu yang menarik, hal-hal yang bisa membuat anda terlibat, apakah itu berupa posting dalam blog, artikel yang dipublikasikan dalam majalah, video informatif, buku menu yang menarik di restoran, headline yang menonjol di koran lokal yang menarik perhatian anda, newsletter ataupun materi dalam website, itulah contoh bentuk-bentuk dari marketing bisnis moderen atau yang sekarang lebih di kenal dengan bisnis on line.


Esensi dari Marketing Bisnis moderen: USP (Unique selling point) dari marketing bisnis ini adalah keunikannya dan materi yang bisa dirancang dengan tampilan yang sangat bagus, di mana penulis materi dapat menuturkan secara terpadu mengenai perusahaannya, ataupun produk dan jasa yang dijual. USP ini juga penting untuk menarik minat pelanggan anda untuk membaca sesuatu yang baru dan menarik, dan pada saat yang sama membuat anda bisa menonjol dan keluar dari kerumunan penyedia produk yang serupa. Jika USP ini diterima dengan baik, aktivitas marketing bisnis bisa membantu memposisikan bisnis anda sebagai sumber yang dapat di percaya dalam ceruk pasar yang anda masuki.
Para marketer atau istilah kerennya sales :) bisa memanfaatkan marketing bisnis moderen sebagai sarana untuk mencapai sejumlah tujuan, seperti menanamkan kepercayaan di benak pelanggan, memupuk pengenalan terhadap produk sejak awal, meningkatkan sales, meningkatkan retensi dan lainnya. Hal ini mempertegas pula pentingnya marketing bisnis & majemen marketing serta strategi pemasaran untuk mempertahankan basis pelanggan anda. Seperti lansiran dr wikipedia tentang manjemen marketing.

USP lainnya dari Marketing bisnis moderen adalah sifatnya yang Permissive, tidak menginterupsi pelanggan.tidak seperti pendekatan marketing lama, marketing bisnis moderen didasarkan pada izin penggunanya. Maksudnya, Anda tidak menawarkan produk Anda secara paksa, dengan menginterupsi calon pelanggan, melainkan hanya menawarkan produk jika prospek mengizinkannya.Seperti saat ini marketing bisnis moderen lebih banya di lakukan dalam dunia Internet Marketing misalnya, pengunjung situs akan ditawarkan terlebih dahulu untuk menjadi member dan bersedia untuk berlangganan newsletter, email, atau eBook yang berisi penawaran dari sponsor atau pengelola website. Jika pengunjung bersedia, barulah mereka akan menerima dan mambaca content dalam website, blog, newsletter, ezine, white-paper ataupun social media content.
Content yang dibuat (bisa berupa tulisan teks di blog atau konten digital dalam bentuk gambar atau video) harus disusun dengan trik tertentu hingga bisa menarik pengunjung untuk melakukan tindakan yang positif bagi kita, seperti mengisi formulir keanggotaan, mengonfirmasi alamat email untuk menerima penawaran berkala dari Anda, mereferensikan situs Anda kepada relasi, menyebarluaskan materi dalam situs Anda ke berbagai website social media dan sebagainya.

Akhirnya, untuk mempertahankan pelanggan, anda perlu terus menerus memiliki content yang berkualitas, dan kemudian memasarkannya pula dengan efektif. Entah itu berarti Anda harus menulis sendiri materi anda, menanamkan personal brand yang kuat pada target pengunjung website anda, ataukah harus menyewa jasa penulis atau content provider dari para ahli yang benar-benar memahami dan mengenal ceruk pasar pengunjung website serta mengetahui minat basis pelanggan anda. Konsistensi dalam me-maintain content situs bukan saja membantu Anda mempertahankan basis pelanggan yang sudah ada, namun juga menambah basis pelanggan baru serta memperkuat brand anda.
Semoga artikel saya bermanfaat.

Jika anda suka dng artikel atau blog saya share ya dng teman teman anda di facebook :) Thank's
Bagikan


Salam Sukses

Eric siswanto
www.marketing-bisnis.com