Produk Marketing




Apa sih arti dari Marketing? Marketing adalah pemasaran yang berujung pada penjualan produk atau jasa. Penjualan merupakan
bagian dari marketing dalam hal strategi pemasaran yang di dalamnya mencakup Marketing Advertising. Marketing juga sebagai bagian dari strategi produk. Hal tersebut berarti marketing mempunyai andil terhadap strategi produk secara deduktif. Marketing mempunyai tiga kotribusi terhadap strategi produk.

3 kontribusi itu adalah;

1. Analisa pasar harus dilakukan pada semua tahap perencanaan produk yang menyediakan informasi agar ide sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Pengetahuan, pengalaman, metode penelitian dan survei pasar menjadi hal sangat penting dalam pengembangan strategi produk. Informasi dan survei terhadap konsumen pun diperlukan untuk menemukan dan mendeskripsikan kebutuhan dan keinginan dari konsumen, mengevaluasi produk saat pengembangan, perkenalan, dan pemantauan kualitas produk yang sudah ada. Beberapa pengujian produk tersedia di dalam portfolio produk. Dengan demikian kontribusi marketing sehubungan dengan konsep daur hidup produk.

2. Spesifikasi produk. Secara bertahap top manajemen mengharapkan para manajemen lainnya mengidentifikasi ciri khas dan kualitas produk. Hal tersebut, menuntut perluasan informasi kebutuhan dan keinginan konsumen ke dalam spesifikasi produk berbasis manajemen kualitas total. Adaptasi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan kapabilitas produk adalah sangat penting dalam merancang dan mengimplementasikan strategi produk.

3. Target pasar dan strategi penentuan posisi. Manajemen pemasaran mencari strategi dan mengambil keputusan terbaik untuk menargetkan dan memasarkan produk. Keputusan tersebut, seringkali sangat penting dalam pencapaian keberhasilan baik produk baru maupun prosuk yang sudah ada. Karena pilihan spesifikasi dan penentuan posisi produk berkaitan erat, maka posisi produk perlu dipertimbangkan pada tahap awal proses perencanaan marketing. Keputusan penentuan posisi dapat mencakup satu produk atau merek, satu lini produk atau beberapa lini produk di dalam satu unit bisnis.

Strategi produk merupakan salah satu keputusan penting dalam ruang lingkup marketing dan juga perlu adanya Marketing Advertising. Jadi, apa yang ada dan sesuai dalam marketing di serap oleh strategi produk. Jadi marketing mempunyai sumbangsih terhadap strategi produk dalam hal daur hidup produk, spesifikasi produk, penentuan target dan memasarkan produk yang juga di dukung Marketing advertising.

Semoga artikel saya bermanfaat. Jika Anda suka dng artikel saya share ya ke teman Anda di facebook. Thanks
Bagikan

Salam Sukses

Eric Siswanto
www.marketing-bisnis.com